Tugas Seni Rupa: Batik Sederhana


Membuat Batik Sederhana Yang Mudah Dan Menyenangkan
Sebelum kita belajar cara membuat batik sederhana, ada baiknya kita mempelajari sedikit mengenai batik. Ulasan mengenai batik ini saya ambil dari http://id.wikipedia.org/.
Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam (lilin) untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam dunia internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009. Menurut teknik membuatnya batik dapat dibedakan menjadi 3, yaitu:
  • Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
  • Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.
  • Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.

Nah, setelah kita mengetahui mengenai batik, kita langsung saja mempelajari cara membuat batik sederhana. Batik sederhana ini sangat cocok di ajarkan pada anak sekolah dasar. Selain mudah untuk dilakukan, membuat batik sederhana ini dapat dikaitkan dengan mata pelajaran lain, misalnya: mata pelajaran IPA. Sehingga sangat cocok apabila diterapkan di sekolah dasar kelas rendah.
Sebelum membuat batik sederhana kita harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu:
1.      Kertas gambar A4/buku gambar A4
2.      Krayon/lilin warna warni.
3.      Kuas cat air.
4.      Cat air atau sejenisnya (pewarna alami).
5.      Valet atau sejenisnya (bahan-bahan bekas yang dapat digunakan sebagai wadah mencampur cat air).
6.      Air dan lap/Koran bekas.

Adapun langkah-langkah pembuatan batik sederhana ini, yaitu:
1.      Siapkan kertas gambar A4 yang akan digunakan (bisa menggunakan kertas yang berukuran lebih besar).
2.      Buatlah gambar ataupun pola menggunakan krayon atau lilin warna-warni yang sesuai dengan keinginan. (Usahakan agar pada saat mewarnai gambar menggunakan krayon, warna menutupi gambar secara  merata.)
3.      Lalu aplikasikan cat air pada seluruh bagian kertas termasuk pada warna krayon tersebut. (Usahakan dalam memilih warna cat air tidak sama dengan warna krayon, agar terlihat jelas perbedaannya.)
4.      Diamkan gambar untuk mengeringkan cat air yang telah diaplikasikan. 
Berikut ini adalah hasil membatik sederhana yang saya buat.

gambar 1

gambar 2

Teknik ini sangat mudah diterapkan di SD, karena selain siswa mengeluarkan imajinasi mereka. Siswa akan mempelajari langsung bahwa air (cat air) tidak dapat menyatu dengan minyak (krayon/lilin). Sehingga siswa mudah memahami karena telah melakukan dan melihat sendiri bahwa air tidak dapat menyatu dengan minyak.
Demikian ulasan saya mengenai teknik membuat batik sederhana, semoga tulisan saya bermanfaat bagi para pembaca. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang salah pengetikan.
Semoga semua mahluk hidup berbahagia. SADHU.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model-Model Pembelajaran Pkn di SD

Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Sosiologi: Individu dan Masyarakat