Kurikulum : Penilaian Autentik


1.    Istilah-Istilah Penilaian Auetntik
Penilaian autentik atau authentic assessment jarang digunakan dalam penilaian sebagai alternative. Penilaian autentik lebih sering dinyatakan sebagai penilaian berbasis kinerja (performance based assessment). Sementara itu dalam buku-buku lain (kecuali Wiggins) penilaian autentik disamakan saja dengan nama penilaian alternative (alternative assessment) atau penilaian kinerja (performance assessment). Selain itu Mueller (2006) memperkenalkan istilah lain sebagai padanan nama penilaian autentik, yaitu penilaian langsung (direct assessment).
Nama performance assessment atau performance based assessment digunakan karena siswa diminta untuk menanmpilkan tugas-tugas (tasks) yang bermakna. Terdapat sejumlah pakar pendidikan yang membedakan penggunaan istilah penilaian autentik dengan penilaian kinerja, seperti misalnya Meyer (1992) dan Marzono (1993). Sementara itu Stiggins (1994) dan Mueller (2006) menggunakan kedua istilah itu secara bersinonim.
Nama alternative assessment digunakan karena merupakan alternatif dari penilaian yang biasa digunakan (traditional assessment). Adapun nama direct assessment digunakan karena penilaian autentik menyediakan lebih banyak langsung dari penerapan keterampilan dan pengetahuan. Apabila seorang siswa dapat mengerjakan dengan baik tes pilihan ganda, maka kita inferensikan secara tidak langsung (indirectly) bahwa siswa tersebut dapat menerapkan pengetahuan yang telah dipelajarinya dalam konteks dunia yang sesungguhnya. Namun kita akan lebih suka membuat inferensi dari suatu demonstrasi langsung tentang pengetahuan dan keterampilannya.

2.    Pengertian Penilaian Autentik
Pengertian dari penilaian autentik merupakan penilaian yang berusaha mengukur atau menunjukkan pengetahuan dan ketrampilan siswa dengan cara menerapkan pengetahuan dan keterampilan itu pada kehidupan nyata. Berikut beberapa pengertian menurut tokoh-tokoh:
  1. Penilaian otentik adalah proses pengumpulan informasi oleh guru tentang perkembangan dan pencapaian pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik melalui berbagai teknik yang mampu mengungkapkan, membuktikan atau menunjukkan secara tepat bahwa tujuan pembelajaran telah benar-benar dikuasai dan dicapai (Nurhadi, 2004: 172).
  2. Sedang pada pengertian autentik, sebagai bagian dari penilaian performance, autentik berarti realistis atau berhubungan dengan aplikasi pada kehidupan nyata. (Ott, 1994:6).
  3. Menurut Jon Mueller (2006) penilaian autentik merupakan suatu bentuk penialaian yang para siswanya diminta untuk menampilkan tugas pada situasi yang sesungguhnya yang mendemonstrasikan penerapan keterampilan dan pengetahuan essensial yang bermakna.
  4. Richard J. Stiggins (1987), bahkan Stiggins menekankan keterampilan dan kompetensi spesifik, untuk menerapkan keterampilan dan pengetahuan yang sudah dikuasai. Hal itu terungkap dalam cuplikan kalimat berikut ini :”performance assessment call upon the examinee to demonstrate specific skills and competencies, that is, to apply the skills and knowledge they have mastered” (Stiggins, 1987:34)
  5. Grant Wiggins (1993) menekankan hal yang lebih unik lagi. Beliau menekankan perlunya kinerja ditampilkan secara efektif dan kreatif. Selain itu tugas yang diberikan dapat berupa pengulangan tugas atau masalah yang analog dengan masalah yang dihadapi orang dewasa (warganegara, konsumen, professional) di bidangnya.

Jadi, penilaian autentik merupakan suatu bentuk tugas yang menghendaki pembelajar untuk menunjukkan kinerja di dunia nyata secara bermakna, yang merupakan penerapan esensi pengetahuan dan keterampilan. Penilaian autentik menekankan kemampuan pembelajar untuk mendemonstrasikan pengetahuan yang dimiliki secara nyata dan bermakna. Kegiatan penilaian tidak sekedar menanyakan atau menyadap pengetahuan yang telah diketahui pembelajar, melainkan kinerja secara nyata dari pengetahuan yang telah dikuasai. 
Demikian sedikit ulasan mengenai istilah dan pengertian penilaian autentik, untuk lebih jelas mengenai penilaian autentik khususnya di Sekolah Dasar silakan download di bawah ini.Penilaian Autentik.doc
Download disini
Penilaian Autentik.pptx
Download disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model-Model Pembelajaran Pkn di SD

Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Cecimpedan lan Wewangsalan Bali