Metode Pembelajaran: Pembelajaran Berbasis Proyek
Kali ini saya akan membahas mengenai metode pembelajaran yang sudah tidak asing lagi, yaitu PBL (Pembelajaran Berbasis Proyek). Rekan-rekan pasti sudah pernah mendengar bahkan melakukannya dalam pembelajaran. Metode ini sangat cocok diterapkan di Sekolah Dasar, karena metode ini menuntut adanya hasil (output pembelajaran) dari apa yang sudah dipelajari siswa. selain itu dengan menggunakan metode ini, kita bisa memantau secara langsung perkembangan peserta didik kita.
Langsung saja bagi rekan-rekan yang berminat silakan langsung download Disini!! atau Download PPT Disini!!!
Dibawah ini, saya sajikan sedikit materi mengenai metode belajar PBL.
PBL (Project Based Learning/Pembelajaran
Berbasis Proyek) merupakan metoda belajar yang menggunakan masalah sebagai
langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru
berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata. Project Based Learning dirancang untuk digunakan pada permasalahan
komplek yang diperlukan pelajar dalam melakukan insvestigasi dan
memahaminya.Berikut pengertian Project Based Learning menurut beberapa ahli.
a)
Menurut Thomas
Mergendoller dan Michaelson
Mengatakan PBL adalah metode pengajaran
sistematik yang mengikut sertakan pelajaran ke dalam pembelajaran pengetahuan
dan keahlian yang kompleks, pertanyaan autentik dan perancangan produk dan
tugas.
b)
Menurut Cord et al. (Khamdi, 2007)
Pembelajaran berbasis
proyek adalah suatu model atau pendekatan pembelajaran yang inovatif, yang
menekankan belajar kontekstual melalui kegiatan-kegiatan yang
kompleks.Pembelajaran berbasis proyek adalah penggunaan proyek sebagai model
pembelajaran.Proyek-proyek meletakkan siswa dalam sebuah peran aktif yaitu
sebagai pemecah masalah, pengambil keputusan, peneliti, dan pembuat dokumen.
c)
Menurut Barron, B.
Project
Based Learningatau Pembelajaran Berbasis Proyekadalah pendekatan cara
pembelajaran secara konstruktif untuk pendalaman pembelajaran dengan pendekatan
berbasis riset terhadap permasalahan dan pertanyaan yang berbobot, nyata dan
relevan bagi kehidupannya
d) Menurut
Blumenfeld et Al.
Project
Based Learning atau Pembelajaran Berbasis Proyek adalah pendekatan
komprehensif untuk pengajaran dan pembelajaran yang dirancang agar pelajar
melakukan riset terhadap permasalahan nyata.
e) Menurut
Boud & Felleti
Project
Based Learning atauPembelajaran Berbasis Proyek adalah cara yang konstruktif
dalam pembelajaran menggunakan permasalahan sebagai stimulus dan
berfokus kepada aktifitas pelajar.
Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek
didukung teori belajar konstruktivisme yang menyatakan bahwa struktur dasar
suatu kegiatan terdiri atas tujuan yang ingin dicapai sebagai subyek yang
berada di dalam konteks suatu masyarakat di mana pekerjaan itu dilakukan dengan
perantaraan alat-alat peraturan kerja, pembagian tugas dalam penerapan di kelas
bertumpu pada kegiatan aktif dalam bentuk melakukan suatu (doing) daripada
kegiatanpasif menerima transfer pengetahuan dari pengajar. Filosofi belajar
konstruktivisme menekankan bahwa belajar tidak hanya sekadar menghafal tetapi
merekonstruksikan atau membangun pengetahuan dan keterampilan baru lewat
fakta-fakta atau proposisi yang mereka alami dalam kehidupannya.Menurut Murphy
konstruktivisme adalah teori belajar yang mendapat dukungan luas yang
berstandar pada ide bahwa siswa membangun pengetahuan sendiri di dalam konteks
pengetahuan sendiri. Mulyasa dalam bukunya Kurikulum Berbasis Kompetensi
menyatakan pendekatan konstruktivisme adalah pendekatan pembelajaran yang
berdasarkan bahwa dengan merefleksikan pengalaman-pengalaman kita, kita akan dapat membangun pemahaman terhadap
dunia yang di mana kita hidup didalamnya.
makasih gan semoga bermanfaat
BalasHapus