Langkah-langkah Pembelajaran PMRI

Ø  Kelas IV semester II
Menentukan jaring-jaring balok dan kubus.
Langkah-langkah PMRI:
  1. Guru meminta siswa membawa kotak kertas berbentuk persegi panjang dan persegi (misal kotak kapur, kotak pasta gigi, dan lain-lain).
  2. Guru memberikan petunjuk-petunjuk untuk membuka kotak kertas yang telah di bawa siswa tadi.
  3. Guru memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mengamati kotak kertas yang telah dibuka tadi sampai menemukan jaring-jaring balok dan kubus.
  4.  Guru meminta siswa mendiskusikan hasil penemuan bentuk jaring-jaring balok dan kubus dengan teman-temannya.
  5. Guru lalu memerintahkan siswa untuk menggambarkan jaring-jaring balok dan kubus yang telah ditemukan.
  6. Guru mengamati gambar jaring-jaring balok dan kubus yang telah ditemukan siswa.
  7. Guru mengidentifikasi jaring-jaring balok dan kubus tersebut.
  8. Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan tentang jaring-jaring balok dan kubus yang telah ditemukan tadi.

Ø  Kelas V semester I
Melakukan pengukuran sudut.
Langkah-langkah PMRI:
  1. Guru memerintahkan siswa membuat jam mainan dari kertas karton untuk melakukan percobaan pengukuran sudut.
  2. Guru memberikan petunjuk kepada siswa agar mengarahkan jarum jam pada pukul 09.00, 10.25, 02.30,dan lain-lain.
  3. Siswa mengikuti perintah guru lalu mengarahkan jarum jam seperti petunjuk guru hingga membentuk sudut.
  4. Guru memberikan aba-aba agar siswa mengamati sudut apa saja yang di bentuk oleh jarum jam yang dibentuk tadi.
  5. Guru lalu meminta siswa mencatat hasil dari percobaan yang dilakukan siswa tadi bersama teman-temannya.
  6. Setelah mencatat guru meminta siswa mendiskusikan hasil percobaan mereka lalu menyampaikan di depan kelas.
  7. Guru merefisi hasil percobaan siswa lalu menyimpulkan seluruh percobaan yang dilakukan siswa tadi.
  8. Guru memberikan tugas rumah untuk dikerjakan siswa di rumah.

Ø  Kelas VI semester
Menyajikan data ke dalam bentuk tabel, diagram gambar, batang, dan lingkaran.
Langkah-langkah PMRI:
1.      Guru memberikan penjelasan tentang tabel, diagram gambar, batang dan lingkaran.
2.      Guru lalu memerintahkan siswa untuk membentuk kelompok yang terdiri dari 3 orang pada masing-masing kelompok.
3.      Guru memberikan petunjuk agar siswa mengumpulkan data tentang kegemaran teman-teman di kelasnya.
4.      Guru meminta siswa mencoba membuat tabel, diagram gambar, batang dan lingkaran.
5.      Setelah itu siswa diminta memasukan data yang telah dikumpulkan tadi ke dalam tabel, diagram gambar, batang dan lingkaran.
6.      Guru memberikan kesempatan siswa berdiskusi dengan teman-teman dalam kelompoknya.
7.      Siswa dari perwakilan masing-masing kelompok lalu menyampaikan hasil diskusi mereka di depan kelas.
8.      Guru merefisi hasil pekerjaan siswa.
9.      Guru bersama siswa menyimpulkan hasil kegiatan  percobaan tadi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model-Model Pembelajaran Pkn di SD

Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Cecimpedan lan Wewangsalan Bali