Perkembangan Menulis
PROSES MENULIS
Menulis
dapat dipandang sebagai rangkaian aktivitas yang bersifat fleksibel. Rangkaian
aktivitas yang dimaksud yaitu: pramenulis, penulisan draft, revisi,
penyuntingan, dan publikasi atau pembahasan. Seperti halnya perkembangan
membaca, perkembangan anak dalam menulis juga terjadi perlahan-lahan. Dalam
tahap ini perlu mendapat bimbingan dalam memahami dan menguasai cara
mentransfer pikiran kedalam tulisan. Combs (1996) mengemukakan bahwa
perkembangan menulis mengikuti prinsip-prinsip sebagai berikut :
- Prinsip keterulangan (recurring principle): anak menyadari bahwa dalam suatu kata bentuk yang sama terjadi berulang-ulang. Mereka memperagakannya dengan cara menggunakan suatu bentuk secara berulang-ulang
- Prinsip generatif (generative principle): anak menyadari bentuk-bentuk tulisan secara lebih rinci, menggunakan beberapa huruf dalam kombinasi dan pola yang beragam. Mereka mulai memperhatikan adanya keteraturan huruf dalam suatu kata
- Konsep tanda (sign concept): anak memahami kearbrireran tanda-tanda dalam bahasa tulis. Untuk mempermudah kegiatan komunikasi, orang dewasa perlu menghubungkan benda tertentu dengan katayang mewakilinya.
- Fleksibel (flexibility): anak menyadari bahwa suatu tanda secara fleksibel dapat berupa menjadi tanda yang lain. Dengan menambahkan tanda-tanda tertentu, huruf I dapat berubah menjadi huruf T, E, F, dsb.
- Arah tanda (directionality): anak menyadari bahwa tulisan bersifat linier, bergerak dari satu huruf ke huruf lain sampai membentuk suatu kata, dari arah kiri menuju ke arah kanan, bergerak dari baris yang satu menuju baris yang lain.
Temple
dkk. (1988 : 99) mengidentifikasi adanya 4 tahap perkembangan tulisan yang
dialami anak, yaitu: prafonemik, fonemik tahap awal, nama huruf, transisi, dan
menguasai.
Dalam
tahap prafonemik anak sudah mengenali bentuk dan ukuran huruf, tetapi dia belum
dapat menggabungkan huruf untuk menulis kata. Dia belum menguasai
prinsip-prinsip fonetik, yakni huruf mewakili bunyi-bunyi yang membentuk kata.
Bimbingan yang perlu diberikan pada anak yang berada dalam tahap prafonemik
dapat berupa: bacakan dengan keras kata-kata yang dekat dengan dunia anak,
bacakan judul atau label yang dekat dengan dunia anak, berikan contoh penulisan
huruf dan jelaskan bentuk serta ukurannya.
Untuk Power Point bisa download di bawah ini!!
Demikian artikel saya kali ini, semoga bisa bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar