Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013

Dalam pembelajaran di Sekolah Dasar, RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah salah satu hal yang harus ada. Tanpa adanya RPP kita sebagai guru tidak akan bisa menentukan arah dari proses pembelajaran. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan memposting RPP 2013 kelas IV dengan tema "Pedulu Terhadap Makhluk Hidup".
Langsung saja download RPP 2013 dibawah ini.
Download Juga RPP 2013 lainnya.

Berikut adalah sebagian isi dari RPP 2013 diatas, semoga RPP bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda dalam membuat RPP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Identitas Sekolah      : SD Negeri 4 Banjar
Kelas/Semester         : 1V/I
Tema/Sub Tema    : Peduli terhadap Makhluk Hidup/ Keberagaman  Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pertemuan Ke           : 1
Alokasi Waktu          : 6 x 35 menit

A.  Kompetensi Inti
1.   Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.        Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. Kompetensi Dasar
     IPA
3.1     Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan dan fungsinya.
4.1     Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya.
     Matematika
3.1     Mengenal konsep pecahan senilai dan melakukan operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkret/gambar.
3.13   Memahami pecahan senilai dan operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkret/gambar.
4.13   Mengurai sebuah pecahan menjadi sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya dengan berbagi kemungkinan jawaban.
SBdP
3.2     Mengenal gambar alam benda, dan kolase.
4.2     Membuat karya seni kolase dengan berbagai bahan

C. Indikator
IPA
Menjelaskan bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan fungsinya setelah mengamati gambar.
Matematika
1.      Menentukan pecahan setelah mengamati gambar dan melengkapi tabel.
2.      Membedakan pecahan senilai dan tidak senilai setelah melakukan eksplorasi dengan gambar pecahan dan diskusi kelas.
SBdP
Menciptakan karya seni kolase menggunakan bahan alam dan barang.

D. Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah mengamati gambar, siswa mampu menjelaskan bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan fungsinya dengan benar.
2.      Setelah mengamati gambar dan melengkapi tabel, siswa mampu menentukan nilai pecahan dengan gambar.
3.      Setelah melakukan eksplorasi dengan gambar dan diskusi kelas, siswa mampu menentukan pecahan yang senilai dengan pecahan yang ditentukan.

4.      Dengan menggunakan bahan alam dan barang bekas, siswa mampu membuat karya seni kolase dengan teknik yang benar.


E. Materi Pembelajaran
Hewan Di Lingkungan Rumahku
Edo mempunyai halaman rumah yang luas. Halaman tersebut ditumbuhi pohon-pohon yang sangat rindang. Udara di sekitar rumah terasa sejuk. Ibu Edo juga mempunyai kebiasaan menanam bunga beraneka warna di halaman rumah. Suasana rumah Edo terlihat sangat hijau sehingga membuat berbagai burung dan serangga datang ke sana.
Apa yang kamu amati dari gambar tadi?
Edo mengajak kamu untuk mendata hewan yang ada di taman. Tulislah hasilnya pada tabel di bawah ini!
No
Nama Hewan/Serangga
Jumlah
1
Burung

2
Kupu-kupu

3
Kucing

4
Laba-laba

5
Ayam


Jumlah seluruh hewan


Berapa jumlah seluruh hewan?
Berapa jumlah kucing?
Nyatakan dalam bentuk pecahan!
  1. Jumlah kucing terhadap jumlah seluruh hewan.
  2. Jumlah ayam terhadap jumlah seluruh hewan.
  3. Jumlah kupu-kupu terhadap jumlah seluruh hewan.

Pecahan
Setelah selesai mengamati hewan di taman, Edo menuju ke halaman belakang untuk mengamati burung. Salah satu burung yang sering hinggap di pohon adalah burung pelatuk. Burung ini mempunyai kebiasaan membuat lubang pada pohon tersebut ketika lapar.
Dari pengamatan Edo, terdapat beberapa lubang pada pohon tersebut. Berikut adalah informasi dari Edo tentang lubang-lubang yang terdapat pada pohon. Bantulah Edo menggambar lubang sesuai yang disampaikan Edo (Gambar pada buku siswa).
Pecahan Senilai

Burung-burung yang berkunjung dan bermain di pohon-pohon belakang rumah Edo semakin banyak. Edo berencana membuat rumah singgah burung di atas salah satu pohon. Edo meminta bantuan ayah untuk membuat rumah tersebut. Edo mendapat tugas dari ayahnya memotong kayu dan hasilnya adalah sebagai berikut.
Semua kayu telah terpotong sesuai ukuran di atas. Sebelum merakitnya menjadi rumah singgah burung, Ayah meminta Edo mengelompokkan potongan-potongan kayu yang sama panjangnya dengan 1/2. Hal ini bertujuan untuk memudahkan melakukan perakitan. Bantulah Edo mengelompokkannya dengan melengkapi diagram. Sebelumnya perhatikan pecahan senilai berikut.
Dalam beberapa hari, rumah singgah burung pun selesai dikerjakan. Edo menempatkan biji-bijian di rumah burung tersebut. Hal ini semakin menarik banyak burung untuk dating ke sana. Edo sangat senang melihatnya. Suatu hari, ketika Edo sedang asyik melihat burung-burung bermain di rumah singgah, tiba-tiba Edo dikagetkan oleh suara seekor burung yang terjatuh tidak jauh dari pohon. Edo menghampirinya. Ternyata burung itu adalah burung merpati yang mengalami luka pada sayapnya. Edo menduga burung merpati itu terkena tembakan pemburu. Edo merawatnya dengan kasih sayang. Sambil merawat, Edo mengamati bagian-bagian tubuh burung yang terluka.
F. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan: Scientifik
  2. Metode: Tanya jawab, diskusi, penugasan, pengamatan, proyek, demontrasi.
G. Media, Alat/ Bahan Pembelajaran
  1.  Media              : Bulu ayam/bulu bebek, kertas, gunting, lem dan gambar
  2. Sumber belajar : Lingkungan, buku siswa dan buku penunjang lainnya.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan
1.   Guru bersama siswa mengawali kegiatan pembelajaran melalui berdoa.
2.   Guru mengabsen siswa.
3.   Apersepsi: guru menyiapkan fisik dan psikis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran dengan menyanyikan lagu cicak-cicak di dingding.  Dari lagu tersebut, guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa: “anak-anak, hewan apa saja yang terdapat di rumah kalian?
Berapa jumlah hewan yang ada di rumah kalian?”
4.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.   Menyampaikan cakupan materi dalam tema “tumbuhan dan hewan di lingkungan rumahku”, dan penjelasan terkait uraian kegiatan yang akan dilakukan dalam pembelajaran.
6.   Siswa dikelompokkan dengan anggota 4-5 orang.

±10 menit
Kegiatan Inti
1.   Siswa mengamati hewan yang ada dilingkungan rumah (mengamati).
2.   Siswa mencatat hasil pengamatan yang telah dilakukan.
3.   Siswa mengamati gambar yang terdapat di buku siswa (mengamati).
4.   Siswa mendiskusikan tentang pengamatan yang telah dilakukan (diskusi).
5.   Siswa melengkapi tabel yang diberikan oleh guru (menalar).
6.   Siswa mengamati gambar hewan yang diberikan oleh guru (mengamati).
7.   Bersama kelompoknya siswa menentukan barang bekas yang bisa dijadikan bahan dalam membuat kolase hewan (menalar).
8.   Siswa dibimbing membuat kolase dengan teknik yang tepat.
9.   Bersama kelompoknya siswa dibimbing membuat laporan hasil diskusi (menulis).
10.   Siswa menyampaikan hasil diskusi dan menunjukkan hasil proyek di depan kelas (mengkomunikasikan).
11.   Siswa membuat daftar hewan yang terdapat dalam gambar dan menentukan jumlah hewan tersebut (mencipta).
12.   Siswa membandingkan jumlah semua hewan (menalar)
13.   Siswa menjawab soal pecahan yang terdapat di buku ajar (menalar)
14.   Siswa menyajikan hasil diskusi dengan presentasi di depan kelas. (mengkomunikasikan)
15.   Kelompok lain menanggapi presentasi kelompok penyaji. (mengkomunikasikan)
16.   Guru memberikan umpan balik dan penguatan terhadap hasil diskusi dan hasil karya siswa.
17.   Guru memberikan konfirmasi terhadap materi yang telah dipelajari.
18.   Guru memberikan motivasi pada siswa agar menghasilkan karya yang lebih baik lagi dan mengikuti pelajaran dengan baik.

±220 menit
Kegiatan Penutup
1.      Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
2.      Siswa mengerjakan evaluasi.
3.      Siswa bersama guru mengadakan refleksi.
4.      Siswa diberikan tindak lanjut berupa: tugas rumah secara individu, yaitu siswa mencari informasi di perpustakaan tentang hewan-hewan lain di lingkungannya
5.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
6.      Siswa bersama guru mengakhiri kegiatan dengan doa bersama dan salam penutup.
±10 menit



I.       Penilaian
1.      Teknik penilaian
a.      Tes
b.      Non Tes
2.      Bentuk instrumen dan instrumen
2.1 Bentuk instrumen
a.      Lembar pengamatan sikap
b.      Unjuk kerja
c.      Tes tertulis
2.2 Instrumen
a.      Lembar pengamatan sikap
No
Nama Siswa
Pengembangan Sikap

Rasa Ingin Tahu
Teliti
Kreatif
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4










































Catatan:
Skor         
                  1 = Sikap belum terlihat
                  2 = Sikap mulai terlihat
3 = Sikap telah berkembang
4 = Sikap telah membudaya
           
b.      Unjuk kerja
Kriteria
Bagus Sekali
Cukup
Perlu berlatih lagi

Desain

Seluruh bahan
dipotong dengan
ukuran dan bentuk
yang tepat dan
disusun dengan rapi.
(3)
Sebagian besar bahan
dipotong dengan ukuran
dan bentuk yang tepat dan
disusun dengan rapi. (2)
Sedikit bahan
dipotong dengan
ukuran dan bentuk
yang tepat dan
disusun dengan rapi. (1)
Bahan
menggunakan
sedikitnya 4 jenis
bahan alam.
(3)
menggunakan 3 jenis
bahan alam.
(2)
menggunakan 2 jenis
bahan alam.
(1)
Waktu
Menyelesaikan
sesuai dengan waktu
yang ditentukan. (3)
Menyelesaikan 5 menit
setelah waktu yang
ditentukan.
(2)
Tidak menyelesaikan
dalam waktu yang
ditentukan.
(1)

Catatan: Centang () pada bagian yang memenuhi kriteria. Penilaian
Skor Maksimal         : 9
Skor Minimal                        : 3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model-Model Pembelajaran Pkn di SD

Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Sosiologi: Individu dan Masyarakat